Jumat, 10 Juni 2016

Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman




Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman | Ada 4 jenis makam marmer, yakni makam marmer jenis pahlawan, makam marmer jenis jakartanan, makam marmer jenis bokoran, dan makam marmer mataraman. Makam marmer mataraman merupakan jenis makam marmer yang paling tua dan klasik yang dikembangkan oleh para masyarakat pengrajin batu marmer di Tulungagung.

Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman


Asal nama kenapa jenis makam marmer ini disebut dengan makam marmer mataraman karena menurut cerita pada jaman Belanda menjajah Indonesia dahulu banyak sekali warga keraton dan para pejabat mataraman yang berada di daerah Yogyakarta, solo, dan yang disekitarnya yang memesan makam marmer jenis ini dari para pengrajin marmer di Tulungagung ini. Oleh karena itu, jenis makam marmer ini disebut dengan makam marmer mataraman. Bentuk dari makam marmer mataraman ini kotak. Polanya pada bagian atas makam marmer mataraman  berbentuk kotak lebih kecil lalu semakin membesar bentuk kotaknya pada bagian bawahnya. Pola seperti ini adalah ciri khas yang dimiliki oleh kerabat para pembesar di Mataram. 
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman    


Pada mulanya batu nisan yang dimiliki oleh makam marmer mataraman ini polanya berbentuk Nisan Kembang. Namun, semakin berkembangnya jaman dan teknologi, maka pola makam marmer mataraman yang berbentuk Nisan Kembang ini berubah bentuknya menjadi bentuk pola Mahkota yang memiliki arti sebagai symbol kebangsawanan. Untuk pola mahkota dari makam marmer mataraman ini masih menerapkan pola berbentuk lancip bagi orang laki-laki yang meninggal / almarhum. Sedangkan, pola yang digunakan bagi perempuan yang meninggal berbentuk tumpul.
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman


Spesifikasi ukuran yang biasanya digunakan untuk makam marmer mataraman ini adalah dimensinya berukuran 160 cm x 60 cm 50 cm dengan memiliki tinggi nisan yang panjangnya antara 90 – 100 cm. Makam marmer mataraman ini biasanya dihiasi dengan ukiran-ukiran dan tulisan kaligrafi dari kalimat tarji’ yang berbunyi “Innalillahi wa inna ilahi roji’un, serta doa kubur. 

Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman
Tentang Jenis Makam Marmer Mataraman

Demikianlah sekilas informasi  tentang salah satu jenis makam marmer dari makam marmer lengkap Tulungagung yang bisa kami jabarkan, yakni   makam marmer mataraman. Jika anda ingin informasi lebih lengkap dan ingin mengetahui bagaimana rupa dari makammarmer mataraman ini, anda bisa melihatnya di website Pabrik Marmer Tulungagung  atau kunjungi langsung tempat pembuatannya di Tulungagung.





Keterangan Lebih Lanjut Bisa Langsung Hubungi :
WELLA PRADISKA
Hp : 082 141 677 770
Whatsapp : 085 649 718 777
 Pin BBM : 5D975BE2    
E-mail : infomarmer5758@gmail.com
http://pabrik-marmertulungagung.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar